Kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) Walenrang Timur

Kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) Walenrang Timur

Luwu Tabah Pongrakka, Kelompok Kerja Guru (KKG). Kata-kata ini memang tidak asing di telinga kita. Ya, sebagai seorang guru dan tenaga kependidikan kegiatan KKG sangat membantu dalam memecahkan masalah yang berkaitan dengan pembelajaran dan segala sesuatu masalah yang ditimbulkan dalam proses pembelajaran. Kelompok Kerja Guru merupakan wadah untuk meningkatkan kemampuan profesional guru khusus nya dalam mengelola pembelajaran di SD. Dalam kegiatan KKG tersebut guru dan tenaga kependidikan saling berbagi pengalaman seperti guru dan tenaga kependidikan yang pernah mengikuti pelatihan, worshop dan yang lainnya yang mereka ikuti di luar, kemudian mereka berbagi praktik baik dalam kegiatan KKG dengan guru dan tenaga kependidikan lainnya Dan di kegiatan KKG juga bisa memberikan motivasi dan inovasi dalam melaksanakan proses belajar mengajar. Dari kegiatan KKG kita belajar banyak hal yang mungkin atau kurang kita pahami, seperti yang kami lakukan di SDN 100 Singgasari ini pada hari Senin tanggal 30 September 2024.

Dengan kerjasama dari pengurus KKKS dan sembilan kepala sekolah yang hebat serta pengurus KKG pada Korwil VII Wilayah Walenrang Khususnya Kecamatan Walenrang Timur sehingga kegiatan ini dapat terlaksana dengan materi tentang “Pemantapan Penyusunan Administrasi (ADM) Pembelajaran Kurikulum Merdeka” materi ini sangat memotivasi dan memberikan ilmu yang begitu bermanfaat untuk diri sendiri, serta anak didik kita di sekolah. Kegiatan KKG selalu memberikan apa yang kita butuhkan sebagai tenaga pendidik yang khusus nya guru-guru yang berada di wilayah Walenrang Timur kami selalu bekerjasama dalam hal-hal yang berkaitan dengan pembelajaran dan lainnya.

Setiap guru seharusnya mengikuti kegiatan KKG yang dilaksanakan, karena kegiatan KKG tersebut adalah sebagai wadah untuk meningkatkan kompetensi dan skill guru, baik saat berada di dalam kelas atau saat berada diluar kelas. Di dalam kita mengikuti kegiatan KKG banyak hal positif dan manfaat yang akan kita peroleh, diantaranya yaitu sebagai tempat untuk menampung dan memecahkan masalah yang dihadapi guru dalam kegiatan belajar mengajar, diskusi, contoh mengajar, demonstrasi penggunaan dan pembuatan alat peraga. Di samping memiliki banyak manfaat yang kita peroleh dari KKG tersebut, kegiatan KKG juga sangat berperan penting terhadap penyelenggaraan pendidikan.

Penguatan Kelompok Kerja Guru (KKG) merupakan bagian dari peningkatan kualitas guru. KKG tersebut juga memiliki tujuan untuk mendorong upaya peningkatan kemampuan profesional guru dalam rangka peningkatan mutu pendidikan, kita belajar banyak hal yang akan membantu kita menjadi guru yang lebih baik dan mudah-mudahan kedepannya kita bisa memberikan pendidikan yang dirindukan oleh peserta didik kita.Salam literasi. (Ramlan Kamisi,SPd.SD)